PELATIHAN MANAJEMEN KOMUNIKASI
YANG EFEKTIF DI RUMAH SAKIT
KEPENTINGAN PELATIHAN
Perubahan paradigma standar akreditasi baru
diaplikasikan pada pelayanan berfokus pasien, patient safety atau keselamatan
pasien menjadi standar utama, kesinambungan pelayanan harus dilakukan baik saat
merujuk keluar maupun serah terima pasien di dalam rs. Memberikan asuhan pasien
adalah suatu upaya yang kompleks yang sangat tergantung pada komunikasi dan
informasi. Komunikasi tersebut kepada dan dengan komunitas, pasien dan
keluarganya, serta dengan tenaga kesehatan professional lainnya. Kegagalan
dalam berkomunikasi merupakan salah satu akar penyebab masalah yang paling
sering menyebabkan insiden keselamatan pasien.
Memberikan,
mengkoordinasikan dan mengintegrasikan pelayanan, pelayanan rumah sakit
mengandalkan informasi tentang asuhan yang ilmiah, individu pasien, pemberi
asuhan dan kinerja mereka sendiri. Seperti sumber daya manusia, material dan
sumber daya uang, maka informasi juga adalah merupakan suatu sumber yang harus
dikelola secara efektif oleh pimpinan rumah sakit. Setiap rumah sakit menggali,
mendapatkan, mengelola dan menggunakan informasi untuk meningkatkan outcome
pasien, sebaiknya dengan kinerja individual maupun kinerja rumah sakit secara
keseluruhan.
MANFAAT
Peserta
mampu:
Lebih pintar berkomunikasi
Menyampaikan informasi efektif dan efisien kepada pasien dan
keluarganya.
Berkoordinasi antara karyawan ataupun unit kerja lainnya
Merumuskan bentuk komunikasi yang tepat di rumah sakit
TOPIK
BAHASAN
Kebijakan dan Pedoman Promosi Kesehatan Rumah Sakit
Identifikasi Kebutuhan Informasi Rumah Sakit
Manajemen asuhan pasien
Teknik komunikasi
Komunikasi efektif dan efisien intern rumah sakit (antara departemen
klinik non klinik)
System informasi manejemen rumah sakit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar