Selasa, 12 Agustus 2014

PELATIHAN MANAJEMEN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DI RUMAH SAKIT



PELATIHAN MANAJEMEN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DI RUMAH SAKIT
KEPENTINGAN PELATIHAN
Perubahan paradigma standar akreditasi baru diaplikasikan pada pelayanan berfokus pasien, patient safety atau keselamatan pasien menjadi standar utama, kesinambungan pelayanan harus dilakukan baik saat merujuk keluar maupun serah terima pasien di dalam rs. Memberikan asuhan pasien adalah suatu upaya yang kompleks yang sangat tergantung pada komunikasi dan informasi. Komunikasi tersebut kepada dan dengan komunitas, pasien dan keluarganya, serta dengan tenaga kesehatan professional lainnya. Kegagalan dalam berkomunikasi merupakan salah satu akar penyebab masalah yang paling sering menyebabkan insiden keselamatan pasien.
Memberikan, mengkoordinasikan dan mengintegrasikan pelayanan, pelayanan rumah sakit mengandalkan informasi tentang asuhan yang ilmiah, individu pasien, pemberi asuhan dan kinerja mereka sendiri. Seperti sumber daya manusia, material dan sumber daya uang, maka informasi juga adalah merupakan suatu sumber yang harus dikelola secara efektif oleh pimpinan rumah sakit. Setiap rumah sakit menggali, mendapatkan, mengelola dan menggunakan informasi untuk meningkatkan outcome pasien, sebaiknya dengan kinerja individual maupun kinerja rumah sakit secara keseluruhan.
MANFAAT
Peserta mampu:
*      Lebih pintar berkomunikasi
*      Menyampaikan informasi efektif dan efisien kepada pasien dan keluarganya.
*      Berkoordinasi antara karyawan ataupun unit kerja lainnya
*      Merumuskan bentuk komunikasi yang tepat di rumah sakit

TOPIK BAHASAN
*      Kebijakan dan Pedoman Promosi Kesehatan Rumah Sakit
*      Identifikasi Kebutuhan Informasi Rumah Sakit
*      Manajemen asuhan pasien
*      Teknik komunikasi
*      Komunikasi efektif dan efisien intern rumah sakit (antara departemen klinik non klinik)
*      System informasi manejemen rumah sakit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar